The Seventh Series of The Gorgeous "Coup De Neuf"

Rabu, 09 Juni 2010 08.55 Diposting oleh Arief & Decky


Fast Forward Record (FFWD) bekerja sama dengan L.A Lights mewujudkan kembali sebuah acara rutin yang (menurut saya) selalu spektakuler, Coup De Neuf (CDF)! Hajatan yang berumur ke #7 kali ini menggandeng band-band seperti Funny Little Dream, Monday Moth Class dan nama-nama besar lain seperti Everybody Loves Irene, Tika and The Dissident dan seorang biduanita (yang maaf, saya agak subjektif dan excited banget sama yang satu ini) FRAU.
Gelaran yang kali ini diadakan di Concordia, Bumi Sangkuriang, Ciumbeluit, Bandung kali ini agak berbeda dengan venue tetap CDF #1 sampai #5 di Gedung CCF, Bandung. Dengan sedikit dibasahi oleh butiran-butiran air dari awan yang menjadi gelap akibat uap air yang berkondensasi (baca : hujan), tidak menyurutkan semangat muda-mudi untuk datang dan menyaksikan perhelatan ini.

***

Dimulai dengan petikan santai dan nada drum dengan tempo yang lambat saat jam menunjukan pukul 19.30 WIB. Dengan memainkan sekitar 6 lagu, Funny Little Dream berhasil membuat penonton menyimak dan mengingat dan kemudian sengaja datang ke sebuah acara music untuk menonton pertunjukan mereka selanjutnya. Oh ya, sohib kepengurusan blog ini, bung Decky Arrizal berhasil mendapatkan sebuah cd cuma-cuma dari Funny Little Dream hanya dengan mengacungkan tangannya. (saya cukup iri dengan kejadian ini)


Lima sosok yang menamakan diri mereka Everybody Loves Irene menjadi tamu dalam rundown CDF selanjutnya. Membawa alat-alat yang tidak saya kenal bentuk dan fungsinya, mereka “menyihir” ruangan yang sesak tersebut dengan nada-nada dan suara yang sedikit kelam dan parau. Band (yang menurut saya) titisan band triphop asal Inggris, Portishead ini sepertinya harus menambah satu personel lagi. Kenapa? Karena saya merasa agak miris dengan sang pemetik gitar yang sebelum, selama dan setelah performance kerap disibukan dengan berbagai hardware penunjang untuk lagu berikutnya. He’s the only guy who flooded with sweat, man! (Maaf, ini hanya komentar bodoh yang nyangkut di otak saya, jadi jangan diperdulikan. Hehe)


Selanjutnya Monday Math Class, band asal Jakarta yang mengusung genre powerpop ini menjadi band ketiga yang tampil dalam CDF #7 ini. Band yang beranggotakan Priscilla Jamail pada vokal, Ario Hendarwan di Gitar dan Vokal, Hasief Ardiasyah pemegang Gitar, Ezar pembetot Bass, Asra sang Kibordis serta Ildo Hasman penggebuk Drum ini terbentuk sejak tahun 2007. Dengan membawakan sekitar 6 lagu, Monday Moth Class berhasil menjalin komunikasi yang baik dengan penonton. Ditambah sosok Ario yang juga seorang gitaris dari grup The Adams yang banyak dikenal orang. Monday Math Class berhasil mengambil bagian dari malam luar biasa itu!


Lalu kita mendengarkan, menyimak, dan terlarut FRAU. Biduantia asal Jogjakarta ini
bak seorang guru TK yang mendongeng dengan cerita-cerita seru dan ditunggu-tunggu oleh para muridnya ketika berada di atas panggung. Belia yang memiliki nama lengkap Leilani Hermiasih Suyenaga yang akrab disapa Lani , adalah seorang mahasiswi angkatan 2008 yang berkuliah di salah satu fakultas negeri di Jogjakara. Lani yang mulanya naik ke atas panggung dan menghampiri keyboardnya dengan malu-malu segera menjadi sosok yang berbeda ketika ia mulai memainkan jari-jarinya di atas keyboard andalannya. Dimulai dengan I’m a Sir, Mesin Penenun Hujan, penonton dibuat bergidik dan tak sesekali berdecak takjub oleh lengkingan suaranya indahnya. Pada lagu Rat and Cat Lani mengundang Wok The Rok seorang pendiri yesnowave. Setelah itu Frau mengajak vokalis dari Melancholic Bitch untuk mendendangkan lagu Sepasang Kekasih Yang Bercinta di Luar Angkasa. Penampilan memukau dara umur 21 tahun ini ditutup dengan tembang Glow dan tepukan kagum puluhan pasang tangan.

(Untuk menindaklanjuti kata-kata subjektif dan excited saya mengenai FRAU, saya akan menampilkan potongan klip langsung dari Concordia, Bumi Sangkuriang saat performancenya. Spesial bukan! Enjoy)




Dari Concordia, Bumi Sangkuriang Bandung kita “dipindahkan” ke klab-klab malam dipinggiran kota New York yang menampilkan band-band yang membawakan tembang Jazz dan Soul khas orang-orang kulit hitam. Bingung? Tapi itu sungguh yang saya rasakan saat menonton pertunjukan Tika and The Dissident. Takjub? Betul sekali, kumpulan manusia-manusia luar biasa ini benar-benar berhasil mengurung ruangan sesak itu kedalam atmosfer lantunan tembang dan performance panggung mereka. Ditambah dengan cover lagu “Smells Like Teen Spirit” milik Nirvana menjadi seperti lagu yang betul-betul belum pernah dimainkan sampai akhirnya saya menyadarinya pada bagian lirik. Hebat!


Sama dengan pikiran kalian semua. Mari kita berharap yang terbaik untuk Coup De Neuf #8 nanti!
We’re here and we’re all waiting!

Posting by : M. Arief Haadi Mulia
Photo by : Decky Arrizal (Tika taken from coupdeneuf.wordpress.com)
Video taken by : Youtube

Comments (6)

di, kok aku ga bisa liat videonya ya ?

karena masih dalam proses upload bel. sabar ya. :D

Ah, anjir lah gue gak dateng.
Frau! Deck, lo punya sealbum kagak? gue bagi dong yayaya

gw nonton nie acara. keren gila TIKA sama FRAU, apa lg MONDAY MATH CLASS Priscilla lucu yah :">

@vania ke atas aja van. haha

@donny bener banget lo don! aslinya paling banyak fotonya priscilla.haha

astaga FRAU!!!!!!!!!!!
kapan lagi saya bisa nonton dia?
ingin nangis rasanya liat tulisan ini.. ENVY!!
tp thanks buat video dan tulisannya..
cukup mengobati hati saya yang g bisa nonton FRAU langsung

Posting Komentar